Muhammad Ali Kritik Ucapan Donald Trump Tentang Islam

Sonya Michaella    •    Kamis, 10 Dec 2015 10:52 WIB
sportainment
Muhammad Ali Kritik Ucapan Donald Trump Tentang Islam
Donald Trump (Kiri) dan Muhammad Ali (Kanan). (Foto: AP/Jeff Chiu)

Metrotvnews.com, New York: Legenda tinju dunia kelas berat Muhammad Ali mengkritisi pernyataan Donald Trump yang melarang Muslim masuk ke Amerika Serikat (AS).

"Muslim sejati tahu bahwa kekerasan kejam yang disebut jihadis Islam sangat bertentangan dengan ajaran kami," ungkap Ali kepada Belfast Telegraph, Kamis (10/12/2015).

"Saya percaya bahwa pemimpin politik kita harus menggunakan posisi mereka untuk membawa pemahaman tentang agama Islam dan menjelaskan bahwa (teroris) ini aliran sesat yang mengatasnamakan agama Islam," sambungnya.

Ali tidak menyebut nama Trump, namun pernyataannya jelas mengarah pada calon presiden yang melarang imigrasi Muslim ke AS.

Presiden Barack Obama, dalam pidato televisi Minggu (6/12/2015) malam, menyerukan AS menolak diskriminasi. "Muslim adalah teman, tetangga, rekan kerja dan pahlawan olahraga kami," kata Obama.

Akan tetapi Trump menulis di Twitter, Senin (7/12/2015) pagi yang berbunyi "Apa bidang olahraga yang dia maksud dan siapa?".

Ali, 73 tahun, yang lahir dengan nama Cassius Clay. Dia memeluk agama Islam dan mengubah namanya pada tahun 1964. (Belfast Telegraph)


(ASM)