Kedua Tim Calon 'Sepakat' Santun Menangi Pilkada Sleman

Patricia Vicka    •    Kamis, 10 Dec 2015 10:53 WIB
pilkada serentak
Kedua Tim Calon 'Sepakat' Santun Menangi Pilkada Sleman
Suasana kantor KPU Sleman, DI Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Kedua tim sukses pasangan calon Bupati Sleman, DI Yogyakarta melakukan hitung cepat. Hasilnya, kandidat nomor urut dua Sri Purnomo-Sri Muslimatun (Santun) mengungguli calon nomor urut satu Yuni Satia-Danang Wicaksana.

Berdasarkan hasil hitung cepat dari Tim Santun, hingga 10 Desember pukul 00.10 WIB, pasangan ini mendapatkan 57 persen suara. Sementara, Yuni-Danang mendapatkan 43 persen suara.

"DPT yang masuk sudah sekitar 97 persen atau sekitar 538.668 suara. Terbagi menjadi 218.882 memilih paslon satu, dan 287.336 memilih paslon dua. Sedangkan 32.450 surat suara tidak sah," kata Sandro Andriawan, selaku Ketua hitung cepat Tim Santun, pada Metrotvnews.com di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, hasil tersebut didapatkan dengan menggunakan dua metode pengumpulan data. Metode pertama hasil laporan para saksi melalui layanan pesan singkat ke media center. Kedua adalah verifikasi tim santun di kecamatan setelah saksi TPS mengumpulkan lembar C-1.

"Para saksi memfoto hasil C-1, lalu di-sahre ke WhatsApp tim hitung cepat. Lalu kami kumpulkan. Jadi verifikasinya dua kali agar tidak salah," jelasnya.

Sementara itu, hasil hitung cepat dari PDIP, paslon Yuni-Danang memperoleh 44 persen suara. Sedangkan paslon Santun memperoleh 55 persen.

"Itu data perhitungan sementara kemarin malam dari 800-an TPS yang masuk. Hari ini akan kami lanjutkan kembali perhitungan cepat, siang nanti," ujar ketua tim hitung cepat PDIP Yuyut.

KPU Sleman kini tengah memantau proses perhitungan cepat di tingkat kecamatan dan sedang proses pemindaian formulir C-1.

Ketika Metrotvnews.com menyambangi kantor KPU, ketua dan seluruh komisioner KPU sedang memantau perhitungan surat suara di tingkat kecamatan. Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sleman ada 775.443 orang, tersebar di 1.969 TPS.


(SAN)