Satu Tewas, Ribuan Hidup Tanpa Listrik Akibat Badai di AS

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 Dec 2015 10:59 WIB
badai
Satu Tewas, Ribuan Hidup Tanpa Listrik Akibat Badai di AS
Ilustrasi badai (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Portland: Badai melanda wilayah Amerika Serikat (AS). Satu orang dilaporkan tewas dalam bencana alam ini dan ribuan lainnya hidup tanpa pasokan listrik.

Seorang perempuan meninggal dalam tidurnya saat sebuah pohon menghantam atap rumahnya di Oregon. Badai yang melanda memicu terjadi banjir, pasokan listrik yang putus dan memaksa dilakukan evakuasi terhadap warga di wilayah barat laut Negeri Paman Sam.

Wilayah Portland terus dilanda hujan deras dalam waktu tiga hari terakhir. Sementara di wilayah Seattle, hujan melebihi curah hujan di selama hari delapan hari pada Desember.

Hujan deras ini memicu terjadinya lubang hisap di beberapa jalanan utama. Selain itu air sungai pun meluap karena tidak mampu menampung volume air yang berlebih.

"Tidak dapat dipastikan apakah badai ini terkait dengan pola cuaca El Nino. Beberapa kali dalam suasa musim dingin, kita dilanda banjir, seperti halnya bagaimana di Oklahoma dilanda tornado," ujar meteorologis National Weather Service Gerald Macke, seperti dikutip Reuters, Kamis (10/12/2015).

Di wilayah pinggiran Tacoma, Washington, regu penyelamat berhasil menyelamatkan beberapa orabg yang terbawa arus Sungai Puyallup yang meluap pada Rabu (9/12/2015).

Sementara Puget Sound Enerdy yang melayani pasokan listrik Seattle melaporkan, 37 ribu pelanggan mereka terpaksa tidak mendapatkan pasokan listrik. 26 ribu warga lainnya di Portland juga tidak bisa menikmati aliran listrik.

Petugas pemadam kebakaran seluruh jalan menuju dan keluar wilayah Vernonia, Oregon sempat tertutup selama beberapa jam akibat longsor. Selain itu tingginya air dan erosi jembatan turut menyebabkan jalan tertutup.


(FJR)