Diet Ketat, Remaja Ini Alami Kejang Setelah Minum Segelas Air

   •    Kamis, 10 Dec 2015 11:01 WIB
Diet Ketat, Remaja Ini Alami Kejang Setelah Minum Segelas Air
Elle menjadi vegetarian. (Foto:Dailymail)

Metrotvnews.com, Melbourne: Seorang siswi pengidap anoreksia, Elle Lietzow memutuskan untuk tidak makan dan minum apapun selama sepekan. Pada akhirnya, gadis 17 tahun ini tumbang dan hampir meregang nyawa.

Elle memiliki gangguan makan yang ditandai dengan selalu ingin mempertahankan berat badannya. Gangguan ini disebut dengan anoreksia. Biasanya, pengidap anoreksia menginginkan pencitraaan diri yang tinggi dengan bentuk tubuh yang dimilikinya. Ini terbukti pada kasus yang menimpa Elle.

"Aku ingin kurus agar diterima oleh semua orang. Ketika aku langsing aku mendapatkan banyak teman dan juga pujian. Aku ingin mempertahankan itu," cerita Elle seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Dulu, ketika masih muda, gadis asal Melbourne, Australia ini sedikit gemuk dibandingkan dengan teman sepermainannya. Ia pun selalu diejek dan dihina oleh mereka. Karena itu, Elle memutuskan ikut kompetisi renang.


(Elle saat kurus akibat anoreksia)

"Dengan latihan berenang enam jam sehari berat badanku turun drastis. Tapi saat usia 15 aku berhenti berenang untuk fokus belajar," katanya.

Saat memutuskan berhenti berenang inilah, Elle mengatakan terobsesi untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal. Elle mulai hanya makan ikan dan sayuran saja tapi secara signifikan nafsu makannya turun drastis.

Hanya dalam waktu dua bulan, ia sudah kehilangan berat badannya. Akibat diet ketat itulah Elle dilarikan ke rumah sakit. "Keluarga dan teman-teman akhirnya tahu, mereka memarahi aku. Mereka juga meminta agar aku kembali menaikkan berat badan," kenang Elle.

Setelah keluar dari rumah sakit, berat badan Elle kembali naik. Gadis ini kembali frustasi sehingga ia mulai memotong jumlah makanannya dengan hanya menyantap salad atau kol kukus ditambah sedikit garam. 

Hanya dalam beberapa bulan ia turun 40 kilogram. Tapi, ini tidak lantas membuatnya bahagia. Elle mengaku tubuhnya memperingatinya untuk berhenti berdie. Sayangnya, anoreksia yang diidapnya tidak bisa ia kendalikan.

"Puncak diet aku ketika selama seminggu tidak makan dan minum sama sekali," sebut Elle.

Dia mengaku kehausan dan langsung meminum segelas air. Dalam satu tegukan tubuhnya mengejang yang hebat. Elle langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Berat badan Elle saat itu hanya 35 kilogram. Bahkan dokter yang menanganinya takjub melihat Elle bisa bertahan hidup. Hati dan ginjal Elle sudah rusak. Tak hanya itu, kukunya menghitam dan sirkulasi darahnya pun tidak ada. 

Ini suatu keajaiban Elle mampu bertahan hidup. "Sejak itu aku sadar. Aku perlu berubah. Dan mulai sekarang aku memutuskan untuk menjadi vegetarian. Aku juga ingin menginspirasi orang lain lewat instagram dan youtube," ungkapnya.

"Aku juga punya pesan untuk penderita anoreksia bahwa yang dapat menyelamatkan hidup Anda adalah Anda sendiri," tutup Elle. (Sumarni)
(LOV)