JK: Demokrasi adalah Cara Mencapai Tujuan Kesejahteraan Rakyat

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Dec 2015 11:28 WIB
bali democracy forum
JK: Demokrasi adalah Cara Mencapai Tujuan Kesejahteraan Rakyat
Wapres JK (tengah) dalam Bali Democracy Forum VIII di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). (Foto: MTVN.Willy Haryono)

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Demokrasi bukan tujuan, tapi cara mencapai tujuan. Tujuannya adalah untuk memajukan negara dan mensejahterakan rakyat. 

Demikian disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam membuka Bali Democracy Forum (BDF) VIII di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). 

Dalam BDF ini, JK berharap negara peserta dapat saling berbagi pengalaman terkait proses berdemokrasi. 

Lantas, bagaimana cara menjalankan proses demokrasi yang baik agar tujuannya dapat tercapai? JK menilai BDF adalah jawabannya. Indonesia beserta negara peserta BDF dapat bersama-sama mencari cara terbaik untuk menjalankan demokrasi. 

Negara-negara peserta BDF dapat belajar banyak dari Indonesia, terlebih karena acara tahun ini digelar satu hari setelah pemilihan umum kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak. JK mengatakan pilkada serentak berjalan aman, tertib dan tidak ada masalah signifikan. "Ini artinya demokrasi berjalan baik," tutur dia. 

Menurut JK, pengalaman demokrasi di tiap-tiap negara berbeda. Indonesia misalnya, yang menjalani demokrasi parlementer di era 50-an, demokrasi terpimpin sekitar 30 tahun lalu dan demokrasi terbuka belakangan ini. 

"Kita masing-masing punya kelebihan dan kelemahan, kita masing-masing belajar dalam menjalankan demokrasi," ungkap JK.

BDF VIII dihadiri 89 negara dan tiga organisasi internasional. Dari 89 negara, terdapat tiga menteri dan belasan wakil menteri. Sehari sebelum acara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut jumlah peserta melampaui ekspektasinya. 

Tema BDF tahun ini adalah Democracy and Effective Public Governance, yang dinilai Menlu Retno relevan dengan situasi saat ini, baik di kawasan maupun global. 


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA