Sebulan Bersembunyi di Kuil, Aktivis Buruh Korsel Serahkan Diri

Sonya Michaella    •    Kamis, 10 Dec 2015 11:53 WIB
korea selatan
Sebulan Bersembunyi di Kuil, Aktivis Buruh Korsel Serahkan Diri
Han Sang-Gyun yang menyerahkan diri (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Ratusan polisi Korea Selatan (Korsel) menyerbu sebuah kuil Buddha, Kamis (10/12/2015) dan menahan seorang aktivis buruh yang mencari perlindungan sebulan lalu setelah protes anti-pemerintah yang berubah menjadi kekerasan.
 
Dalam sebuah acara besar, polisi mengepung Kuli Jogye di pusat kota Seoul dimana pemimpin Konfederasi Pekerja Serikat Korea Han Sang-Gyun bersembunyi selama satu bulan. Akhirnya Han setuju untuk menyerahkan diri.
 
Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan orang ambil bagian dalam protes anti-pemerintah yang mereka anggap sebagai memburuknya kondisi tenaga kerja. Mereka turut memprotes serangan terhadap kebebasan pribadi dan politik yang diarahkan kepada Presiden Park Geun-Hye.
 
Han dituduh menghasut akan adanya kekerasan selama protes pada 14 November lalu. Ancaman polisi untuk menyerbu kuil dan menahan Han dengan paksa ditunda setelah intervensi oleh pemimpin Orde Jogye, organisasi Buddha Korsel.
 
Salah satu biarawan mengatakan pada AFP bahwa aktivis itu mogok makan selama 11 hari terakhir dan hanya mengambil sedikit air dan garam.
 
"Setiap tindakan polisi akan dianggap sebagai tindakan penganiayaan agama," ungkap Orde Jogye kepada The Guardian, Kamis (10/12/2015). "Serangan polisi di kuil sama saja dengan menyerang seluruh gerakan Buddha di Korea Selatan," lanjutnya.
 
Gereja di Negeri Ginseng dan kuil memiliki sejarah panjang dalam menyediakan perlindungan bagi aktivis politik, terutama pada 1980 ketika banyak aktivis pro-demokrasi muda yang lari dari polisi mencari perlindungan di gereja-gereja Katolik.
 
Polisi Korsel dikritik secara luas ketika melakukan penyerangan Kuil Jogye dan membawa tujuh aktivis buruh di tahun 2002.



(FJR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA