Pertama dalam Sejarah, Klub Papan Atas Hong Kong Dilatih Wanita

Kautsar Halim    •    Kamis, 10 Dec 2015 14:21 WIB
liga dunia
Pertama dalam Sejarah, Klub Papan Atas Hong Kong Dilatih Wanita
Pelatih wanita pertama di Hong Kong, Chan Yuen ting. (Foto: scmp)

Metrotvnews.com, Hong Kong: Pemimpin klasemen sementara Liga Primer Hong Kong, Eastern, membuat gebrakan baru dalam sejarah sepak bola di negaranya. Beberapa hari yang lalu, mereka merekrut wanita berusia 27 tahun sebagai pelatih utama.

Wanita tangguh itu bernama Chan Yuen-ting. Ia direkrut karena memiliki pengalaman dan latar belakang pendidikan melatih yang baik. Chan diketahui memiliki lisensi kepelatihan A Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) dan merupakan instruktur pelatih bagi Asosiasi Sepak Bola Hong Kong (HFA).

Ketika menjalankan tugasnya, Chan akan didampingi seorang pria, Yeung Ching-kwong, yang merupakan wakil pelatih. Saat ini keduanya sudah mulai bekerja dan dan baru akan diresmikan mengambil alih tim pada pekan depan.

Sebelum mengemban jabatan sebagai pelatih utama, Chan sempat menjadi asisten pelatih klub Sun Pegasus dan timnas putri Hong Kong. Prestasi terakhirnya adalah mengantarkan Pegasus U-18 sebagai juara pada musim lalu.

"Menimbang dari pengalaman dan latar belakangnya. Presiden klub Eastern Sport, Mr. Lai Tung-kwong dan Direktur Eksekutif Mr Leung Shou-chi meyakini dia (Chan) memiliki kapasitas untuk menjadi kepala pelatih Eastern," tulis pernyataan klub lewat facebook.

Sejauh ini, Eastern sukses merajai klasemen sementara Liga Primer Hong Kong. Poin mereka hanya berselisih satu angka dengan South China yang berada di bawahnya. (scmp.com)


(ASM)