BPS: Sensus Ekonomi 2016 Lebih Menarik

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Dec 2015 14:21 WIB
sensus
BPS: Sensus Ekonomi 2016 Lebih Menarik
BPS akan melakukan sensus ekonomi 2016. (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 akan lebih menarik dari sensus ekonomi tahun sebelumnya. Pasalnya, sensus ekonomi tahun ini menghadirkan perubahan kegiatan ekonomi yang sudah berubah sangat cepat seiring perkembangannya.

"Dulu belum ada online, seperti Go-Jek, Tokopedia, Buka Lapak ini harus kita kover betapa potensi subsektor terhadap negara," ujar Kepala BPS Suryamin di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2015).

Dirinya menambahkan, Sensus Ekonomi 2016 merupakan momen yang sangat penting untuk memotret keadan sturktur ekonomi di tahun 2016. Sebagaimana dihasilkan dalam Sensus Pertanian tiga tahun lalu sudah tercatat jumlah pengusaha dan perusahaan di sektor pertanian.

"Dalam Sensus Pertanian di 2013 lalu menghasilkan data petani ada sekira 26,1 juta usaha dan perusahaan pertaniannya ada sekira 6.000-an," jelas dia.

Lebih lanjut, masih menurut Suryamin, data yang dihasilkan dari setiap sensus BPS dapat dijadikan sebagai latar belakang pelaksanaan sensus dan survey selanjutnya yang lebih intensif.

"Data dari hasil sensus untuk frame yang baru untuk melakukan survey yang lebih intensif untuk melihat pertumbuhan di setiap triwulan, setiap semester, dan setiap tahun," pungkasnya.


(AHL)