Hujan Deras, Enam Rumah di Cilacap Terkena Longsor

   •    Kamis, 10 Dec 2015 14:32 WIB
longsor
Hujan Deras, Enam Rumah di Cilacap Terkena Longsor
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Cilacap: Sedikitnya enam rumah di Dusun Timbang dan Cikacapi, Desa Jambu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terkena tanah longsor. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa ini.

Melansir Antara, Kamis 10 Desember, Kepala Desa Jambu, Parmono mengatakan longsor diakibatkan hujan lebat yang kemarin mengguyur wilayah itu. "Longsor terjadi Rabu (9/12), sekitar pukul 16.30 WIB, akibat hujan deras," katanya.

Ia mengatakan, enam rumah yang terkena longsor itu ada yang menggantung karena posisinya di atas tebing dan ada pula yang tertimpa material longsoran.

Menurut dia, sedikitnya ada 12 titik longsor di Dusun Timbang dan Cikacapi. Akibatnya, akses jalan dari Wanareja menuju Balai Desa Jambu terputus.

Selain itu, kata dia, dua rumah warga tergenang air karena luapan Anak Sungai Timbang yang tertutup longsor. Bahkan, sebuah sepeda motor milik warga juga tertimbun longsor.

Saat dihubungi melalui saluran telepon, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengaku sedang menuju lokasi kejadian.

"Kami juga mengirimkan bantuan logistik, namun lokasinya sulit dijangkau," katanya.

Tanggul jebol

Sementara, di Kabupaten Banyumas, puluhan rumah dilaporkan sempat terendam air akibat jebolnya tanggul Sungai Reja di dua lokasi pada Rabu 9 Desember malam. Tanggul jebol di sepanjang 25 meter di Desa Karanggedang RT 01 RW 01 dan sepanjang lima meter di Desa Kemiri RT 01 RW 04, Kecamatan Sumpiuh.

Salah seorang warga Desa Karanggedang RT 01 RW 01, Didok mengatakan bahwa hujan lebat yang terjadi sejak pukul 20.00 WIB mengakibatkan tanggul Sungai Reja jebol. Sekitar 20 rumah terendam air setinggi 50 centimeter.

"Bahkan, barang dagangan saya di ruang depan rumah, hanyut terbawa air," katanya.

Jebolnya tanggul Sungai Reja, di Desa Kemiri RT 01 RW 04, mengakibatkan enam rumah warga terendam air setinggi 40 centimeter.

Hingga Kamis siang, warga masih berupaya membersihkan rumah mereka yang kotor akibat endapan lumpur yang dibawa genangan air.


(SAN)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA