3,5 Juta Masyarakat Indonesia Sudah 'Cicipi' KPR BTN

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 10 Dec 2015 14:45 WIB
btn
3,5 Juta Masyarakat Indonesia Sudah 'Cicipi' KPR BTN
Ilustrasi BTN -- FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan pelat merah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) sudah menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) selama 39 tahun lamanya. Sebanyak 3,5 juta masyarakat di Indonesia tercatat sudah mencoba KPR BTN.

Dir‎ektur Utama BTN, Maryono, menjelaskan, selama 39 tahun perseroan sudah berhasil menyalurkan KPR ke 3,5 juta masyarakat. BTN pun telah membiayai kredit sebesar Rp145 triliun hingga September 2015.

"Jika satu rumah diisi oleh empat orang, maka kredit BTN yang disalurkan masyarakat sudah dirasakan lebih dari 14 juta keluarga,‎ kredit yang disalurkan BTN memberikan dampak positif bagi sektor industri terkait pembangunan perumahan," ungkap dia, ketika ditemui dalam acara seminar BTN outlook ekonomi, perbankan dan properti 2016, di Grand Ballroom Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (12/10/2015).

Menurut Maryono, industri pembangunan perumahan akan terus maju dan masih cemerlang di masa mendatang. Dengan meningkatnya pertumbuhan perumahan, maka ekonomi pun akan tumbuh dengan baik.

"Efek domino dari pembiayaan kredit juga mendorong pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Melambatnya ekonomi di tahun ini, ujar dia, berpengaruh bagi penawaran dan permintaan (supply and demand) di sektor perumahan. Pada tahun depan, ekonomi yang tumbuh lebih baik akan mempengaruhi kinerja properti yang lebih baik, bila dibanding di 2015.


(AHL)