759 WNI Tak Berdokumen Dipulangkan dari Malaysia

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 Dec 2015 15:00 WIB
wni
759 WNI Tak Berdokumen Dipulangkan dari Malaysia
WNI yang dipulangkan dari Malaysia (Foto: Dok.KBRI Malaysia)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur:  Sebanyak 759 orang WNI Overstayer (WNIO)/TKI Undocumented (TKIU) dipulangkan ke Indonesia hari ini, 10 Desember 2015.

Pemulangan ini merupakan bagian dalam Program Repatriasi WNIO/TKIU KBRI Kuala Lumpur dengan menggunakan pesawat charter AirAsia. Pemulangan dilakukan dalam dua kelompok terbang (Kloter) yaitu Kloter I sebanyak 373 orang, terdiri dari 359 dewasa, 6 anak dan 8 bayi dengan pesawat nomor penerbangan XT401.

WNI lainnya pulang melalui kloter dua sebanyak 386 orang, yang terdiri dari 343 dewasa, 21 anak dan 22
bayi. Mereka menumpang pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan XT403 dan diperkirakan tiba di Tanah Air pada pukul 19.50 malam.

Para WNIO/TKIU yang dipulangkan tersebut berasal dari enam Tahanan Imigrasi di wilayah kerja KBRI Kuala Lumpur, yaitu Tahanan Imigrasi Bukit Jalil, KLIA, Semenyih, Tanah Merah, Ajil dan Langkap. Selain itu juga terdapat WNIO/TKIU dari shelter KBRI Kuala Lumpur dan WNIO/TKIU kelompok rentan, seperti wanita hamil serta ibu dan anak. Duta Besar RI untuk Malaysia, Herman Prayitno menyampaikan,

"Pemulangan ini merupakan bagian dari Program Repatriasi WNI Overstayer (WNIO) / TKI Undocumented (TKIU) yang dicanangkan Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi sebagai salah satu bentuk kehadiran negara dalam memberikan perlindungan bagi WNI/TKI yang berada di luar negeri," ujar Dubes Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno, dalam keterangan tertulis KBRI Malaysia, yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (10/12/2015).

Sejak awal September 2015, KBRI Kuala Lumpur secara bertahap telah memulangan WNIO/TKIU kelompok rentan sebanyak 519 orang, yang terdiri dari 227 orang dari penampungan KBRI. Sementara 253 orang dari enam lainnya dari Depo Imigrasi Malaysia yang berada di bawah wilayah akreditasi KBRI dan 39 orang dari kelompok rentan non penampungan.

Dengan dipulangkannya 759 repatrian pada 10 Desember 2015, maka seluruh jumlah WNIO/TKIU yang telah dipulangkan KBRI Kuala Lumpur menjadi sebanyak 1.278 orang.

 


(FJR)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

18 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA