Polda Jatim Ungkap 91 Kasus Korupsi di 2015

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 10 Dec 2015 15:33 WIB
kasus korupsi
Polda Jatim Ungkap 91 Kasus Korupsi di 2015
Foto: Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Jatim, Kombes pol Wibowo (tengah), Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (kiri)/Ant_Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepolisian Daerah Jawa Timur mengklaim telah mengungkap 91 kasus tindak pidana korupsi selama 2015. Jumlah itu melebihi dari target Polri yakni 84 kasus.

"Ada sebagian polres yang mengungkap perkara korupsi selama setahun sebanyak 6 kasus, ada yang 4 kasus, ada juga yang tidak mengungkap kasus sama sekali," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, di Markas Polda Jawa Timur, Kota Surabaya, Kamis (10/12/2015).

Argo mengantakan, Polres Jombang mengungkap sebanyak enam kasus tindak pidana korupsi. Sementara Polres Bojonegoro, Polres Madiun, Polres Situbondo mengungkap masing-masing empat kasus. Sedangkan, Polres lainnya rata-rata memenuhi target dengan mengungkap dua kasus korupsi dalam setahun.

Namun, ada juga polres di wilayah Jawa Timur yang tak mengungkap kasus korupsi sama sekali dalam setahun ini. Di antaranya Polres Magetan, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polres Pamekasan, dan Polres Blitar.

"Polres yang belum berhasil mengungkap sebenarnya juga menangani perkara korupsi. Tapi selama menangani kasusnya belum ada yang P21," ujar dia.

Argo mengatakan pihaknya menerima 164 laporan dugaan korupsi selama 2015. Namun, setelah dilakukan verifikasi dan pendalaman, yang bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan hanya 91 perkara.

"Dari total 91 perkara yang ditangani  84 perkara telah dinyatakan sempurna atau P21. Kami akan mendalami perkara korupsi lainnya," kata dia.


(TTD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA