Festival Museum Tekstil 2015 Angkat Pesona Tenun Timor

Putu Radar Bahurekso    •    Kamis, 10 Dec 2015 15:45 WIB
museum
Festival Museum Tekstil 2015 Angkat Pesona Tenun Timor
Festival Museum Tekstil. (Foto:MTVN/Putu Radar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Festival Museum Tekstil 2015 merupakan agenda akhir tahun persembahan dari Museum Tekstil. Program festival kali ini mengangkat tema 'Puspa Warna Wastra Timor'.

Dalam pameran ini diperlihatkan juga 100 helai kain tenun Timor milik pecinta atau kolektor kain tenun di Jakarta. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap tenun.

"Salah satu tujuan acara ini untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keberadaan Museum Tekstil, kain tenun, serta para wastra tenun seperti penenun dan perancang mode tenun," ujar Esti Utami, Kepala UP Museum Seni, saat ditemui di Museum Tekstil, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Selain bertujuan untuk melestarikan para pengerajin tenun, pameran ini juga memperlihatkan helai-helai tenun sekaligus mengadakan workshop membatik motif tenun.



"Dengan memperlihatkan pameran kan kita sudah memperkenalkan bahwa pengrajin tenun itu ada dan masih aktif. Selain itu, akan ada juga workshop membatik motif tenun," tutur Esti Utami.

Apresiasi terhadap Tenun perlu dilestarikan agar keberadaan tenun khususnya tenun Timor bisa semakin dikenal di Indonesia dan bisa terus terjaga.

Festival Museum Textiles "The Many Colors of Timor's Textile" ini akan berlangsung mulai dari 10 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016 di Museum Tekstil Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat.



(LOV)