PLN Tunggu Perpres Perlancar Megaproyek 35 Ribu MW

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 10 Dec 2015 15:55 WIB
proyek 35.000 mw
PLN Tunggu Perpres Perlancar Megaproyek 35 Ribu MW
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) sedang menunggu Peraturan Presiden (Perpres) untuk memperlancar pembangunan megaproyek 35 ribu megawatt (mw) khususnya dalam pembangunan transmisi.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nicke Widyawati mengatakan, Perpres ini nantinya akan mempercepat target pembangunan transmisi dan pembangkit sampai 2019. Adapun salah satunya poin didalamnya adalah kemudahan perizinan.

"Kita menunggu Perpres keluar ya. Yang untuk percepatan pembangunan 35 ribu itu. Di situ ada aturan yang memberikan kemudahan termasuk perizinan," kata Nicke, dalam acara Sinergi BUMN untuk Transformasi Indonesia, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Nicke menjelaskan, pembahasan Perpres tersebut sudah dimulai. Nantinya, Perpres itu akan memberikan relaksasi megaproyek 35 ribu mw agar bisa terealisasi dalam waktu lima tahun.

"Jadi aturan semuanya memberikan relaksasi supaya 35 ribu ini bisa selesai lima tahun," jelas dia.

Nicke menambahkan, di dalam Perpres tersebut juga akan ada pembahasan terkait bantuan pendanaan seperti Penyertaan Modal Negara (PMN). Nicke juga mengakui, kondisi PLN saat ini memang masih memerlukan struktur permodalan yang kuat. Salah satunya dapat diatasi dengan dana dari PMN.

"Seperti PMN, kita harapkan begitu (ada di dalam Perpres). Untuk memperkuat modal PLN ya kita memerlukan PMN," ungkap dia.

Nicke juga berharap mendapatkan PMN lebih dari Rp10 triliun dalam PMN tahun depan. "Yang kemarin sudah dibahas di DPR, Rp10 triliun tapi membutuhkan pembahasan lagi dengan DPR. Kita harapkan saja berjalan lancar. Kita harapkan naik," pungkas dia.


(AHL)