Kim Jong-Un Klaim Korut Miliki Bom Hidrogen

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 Dec 2015 17:51 WIB
korea utara
Kim Jong-Un Klaim Korut Miliki Bom Hidrogen
Kim Jong-Un klaim miliki bom hidrogen (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mengklaim bahwa negara telah berhasil mengembangkan bom hidrogen.

Kantor berita KCNA melaporkan bahwa Kim melontarkan komentar itu setelah melakukan tur ke Situs Revolusi Phyonchon. Tempat itu merupakan lokasi penghormatan bagi mendiang ayah Kim Jong-Il dan kakeknya Kim Il-Sung.

"Jasa Kim Il-Sung telah mengubah Korut menjadi negara dengan kekuatan senjata nuklir yang siap meledakkan bom atom dan bom hidrogen, untuk membela kedaulatan dan harga diri negara," ujar Kim Jong-Un, seperti dikutip KCNA, Kamis (10/12/2015).

Dikenal sebagai bom termonuklir, bom hidrogen memiliki daya ledak lebih besar dibanding bom nuklir. Korut sendiri pernah melakukan tes nuklir pada  2006, 2009 dan 2013 dan menyebabkannya dikenakan sanksi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Mengenai klaim terbaru ini, ahli dan negara tetangga bereaksi dengan hati-hati. Pemerintah Tiongkok yang dikenal sebagai dekat dengan Korut, masih belum mengetahui apakah klaim itu asli atau tidak.

"Situasi di Semenanjung Korea sangat pelik, kompleks dan rapuh," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Huan Chunying.

"Kami harap semua pihak bisa berupaya berkontribusi menciptakan perdamaian dan stabilitas," tururnya.

Sementara pihak Korea Selatan (Korsel) juga mengaku belum menerima laporan intelijen atas klaim dari Kim Jong-Un itu.
 


(FJR)