Pembangunan Toilet di Yogya Telan Dana Rp4 Miliar

Patricia Vicka    •    Kamis, 10 Dec 2015 18:08 WIB
pariwisata daerah
Pembangunan Toilet di Yogya Telan Dana Rp4 Miliar
Foto ilustrasi. (abc.net.au)

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan segera membangun toilet bawah tanah di kawasan Titik Nol Kilometer pada 2016. Bersamaan dengan itu, dibangun pula terowongan penyebrangan bawah tanah. Dana untuk pembangunan ini mencapai Rp4 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Permukiman dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan, rencananya toilet akan dibangun di tiga titik di sepanjang Kawasan Titik Nol Km. 

"Toilet pertama di bawah Taman Pintar. Toilet underground lainnya, berada di sisi timur dan barat Titik Nol Kilometer," ujar Rani di kompleks kepatihan Yogyakarta, Kamis (10/12/2015).

Toilet yang akan dibangun dirancang sesuai konsep toilet bintang lima. Masing-masing titik akan terdapat 10 toilet untuk wanita dan 10 toilet untuk pria yang dilengkapi akses bagi difabel. Untuk toilet wanita akan dilengkapi dengan ruang laktasi.

Sementara itu, terowongan penyebrangan bawah tanah hanya dibangun di bawah Taman Pintar saja. Hal ini dirasa perlu karena padatnya lalu lintas dan banyaknya pengunjung yang menyebrang ke Taman Pintar.

"Kalau yang di Taman Pintar kan mereka parkir di sisi selatan jalan. Jadi, banyak wisatawan yang menyebrang ke Taman Pintar. Makanya sekalian dibuatkan terowongan," jelasnya.

Namun, Rani menilai anggaran Rp4 miliar dari APBD 2016 dirasa masih kurang. Karena itu, toilet dan terowongan bawah tanah dibangun dalam dua tahap. 

Pembangunan toilet dan penyebrangan bawah tanah adalah salah satu bagian dari revitalisasi Titik Nol Km yang sudah dicanangkan Pemda DIY.


(SAN)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA