Celah Novanto Laporkan Sudirman ke Polisi

Githa Farahdina    •    Kamis, 10 Dec 2015 18:59 WIB
pencatut nama presiden
Celah Novanto Laporkan Sudirman ke Polisi
Setya Novanto. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan dinilai tidak becus mengusut kasus dugaan Setya Novanto meminta saham Freeport Indonesia. Kelemahan MKD dimanfaatkan Novanto untuk melaporkan Menteri Sudirman Said ke polisi.

"Karena berlarut-larut, Setya Novanto punya celah memperkarakan Sudirman Said," kata politikus PDI Perjuangan T.B. Hasanuddin ketika dihubungi, Kamis (10/12/2015).

Tapi, Hasanuddin berpandangan saat ini Novanto dan tim hukum hanya mencoba peruntungan. Mantan Bendahara Umum Partai Golkar ini dinilai hanya ingin mengurangi tekanan seolah dirinya tidak bersalah.

Novanto melalui Firman melaporkan Sudirman ke Bareskrim Polri atas pencemaran nama baik, tuduhan palsu dan perekaman ilegal, Selasa malam 8 Desember. Firman melengkapi bukti pendukung, Rabu 9 Desember.

Firman mengaku sudah menyiapkan bukti. Salah satunya legal opinion para ahli. Legal opinion akan menunjukkan indikasi penting bagaimana alat bukti (rekaman) digunakan dan diproses.

Sayangnya, Firman tak bisa menunjukkan nomor laporan polisi. Menurutnya, laporan sudah diterima Sentra Pelayanan di Bareskrim Polri.

Sudirman melaporkan Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan dengan dugaan meminta saham ke PT Freeport Indonesia. Laporan itu disertai bukti rekaman pembicaraan Novanto dan bos Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin yang disebut-sebut terjadi pada 8 Juni.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Suharsono saat dikonfirmasi mengatakan Bareskrim belum menerima laporan Novanto.


(TRK)