Usai Pilkada, Status di Jatim Masih Siaga

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 10 Dec 2015 22:06 WIB
pilkada serentak
Usai Pilkada, Status di Jatim Masih Siaga
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Meski pilkada serentak di Jatim selesai digelar, namun status siaga masih diberlakukan Polda Jatim. Status aman akan diumumkan Polda jika pelaksanakan pilkada serentak telah selesai 100 persen.

Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji mengatakan hingga saat ini pihaknya masih memasang status siaga. Seluruh pasukannya masih berada di masing-masing lokasi tempat pelaksanaan pilkada. Pasukan akan ditarik jika pelaksanaan penghitungan suara di KPU telah dianggap selesai.

“Sampai sekarang pasukan masih di lapangan dan belum ada penarikan. Kalau sudah selesai semua baru akan ditarik ke markas,” katanya, di Polda Jatim, Kamis (10/12/2015).

Anton mengatakan sejauh ini pelaksanaan pilkada serentak di Jatim masih kondusif dan aman. Pihaknya tidak mendapatkan laporan adanya kerusuhan hingga menyebabkan ketertiban dan keamanan masyarakat terganggu.

“Seluruhnya masih aman dan kondusif. Kalaupun ada kejadian seperti di Malang, itu bisa diatasi KPU dan Panwaslu,” ujarnya.

Disinggung terkait pelaksanaan pilkada di Mojokerto yang sempat mendapatkan perhatian khusus dari Polda Jatim, Anton mengatakan sampai saat ini pilkada di Mojokerto juga aman dan kondusif. Pihaknya selalu memantau dari polda setiap daerah yang menggelar pilkada.

“Di Mojokerto aman. Anggota sampai saat ini masih bertugas pengamanan di lapangan,” tuturnya.


(UWA)