Hadapi MEA, Pemerintah Usulkan Sinergi Bank BUMN

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 11 Dec 2015 07:41 WIB
mea 2015
Hadapi MEA, Pemerintah Usulkan Sinergi Bank BUMN
Menteri BUMN Rini Soemarno. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), masih menginginkan bank-bank BUMN untuk bersinergi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) awal 2016.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, MEA sudah di ambang mata, namun perbankan Indonesia dinilai masih belum siap dan mampu bersaing dengan perbankan ASEAN lainnya.

"MEA di depan pintu, kita bagaimana? Perbankan Indonesia apakah sudah merambah ke ASEAN? Ternyata belum. Perbankan belum. Padahal bank-bank ASEAN sudah masuk di sini. Jadi bagaimana kita?" kata Rini, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis, 10 Desember.

Rini mengungkapkan, seharusnya perbankan Indonesia tidak perlu takut dalam menghadapi MEA. Karena yang dibutuhkan adalah sinergi BUMN yang maksimal. Rini mencontohkan, modal perbankan nasional dibandingkan perbankan ASEAN itu cenderung kecil. Sehingga apabila dilihat kemungkinannya untuk perbankan nasional masuk ke negara ASEAN lain, akan berat.

Namun, Rini menuturkan, semua itu dapat teratasi dengan cara sinergi bank BUMN. Misalnya dengan menyatukan cost back office.

"Tapi saya mengatakan, marilah bersinergi bank-bank BUMN. Bagaimana caranya? Marilah kita satukan cost back office-nya," ungkap dia.

Selain itu, Rini menjelaskan, perbankan nasional juga bisa bersinergi dalam penggunaan satelit Bank Rakyat Indonesia (BRI) sehingga pengeluaran investasi untuk pembuatan satelit masing-asing bank bisa dikurangi.

"Marilah kita semua memakai investasi BRI sehubungan dengan satelitnya. Sehingga BNI, BTN, Mandiri, BRI menggunakan satu satelit. Sehingga semua bisa berbagi," jelas dia.

Dengan demikian, dirinya meyakini perbankan nasional akan mampu bersaing di MEA. "Saya yakin satu bank ASEAN yang asetnya modelnya empat kali lipat BRI dan bisa berkompetisi di Indonesia. Saya yakin," pungkas dia.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA