Indonesia-Namibia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

Willy Haryono    •    Jumat, 11 Dec 2015 09:25 WIB
bali democracy forum
Indonesia-Namibia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir di sela-sela BDF VIII di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). (Foto: MTVN/Willy Haryono)

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Indonesia dan Namibia melakukan pertemuan di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) VIII di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). 

Pertemuan terjadi antar Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir dengan Wakil Menteri Hubungan dan Kerja Sama Internasional Namibia Maureen Hinda-Mbazira. 

Menurut Fachir, Namibia terkesan dengan Indonesia yang menggelar forum demokrasi bertaraf internasional. Disebutkan pula apa yang sudah disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait demokrasi ekonomi dan politik merupakan tantangan besar di Namibia. 

Dalam urusan bilateral, kedua negara meningkatkan kerja sama yang sudah ada di bidang ekonomi. Nilai kerja sama ekonomi Indonesia dan Namibia saat ini masih terbilang kecil, yakni hanya sekitar USD2,4 juta per tahun. 

"Jumlah sekian, untuk sementara masih sangat minimal. Itu akan ditingkatkan," kata Fachir. 

Beberapa Nota Kesepahaman (MoU) telah ditandatangani, yakni di bidang jurnalisme, pertanian, ekonomi dan lainnya. Fachir berharap MoU ini dapat segera ditindaklanjuti dan dikonversi menjadi program. 

Fachir juga mengatakan Namibia berharap suatu saat datang didatangi Indonesia. "Kita akan cari kesempatan yang baik untuk pergi ke sana. Kita juga akan mendorong pelaku bisnis untuk merambah ke Namibia," tutur Fachir. 


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA