Kementerian BUMN Tunggu PP untuk Pencairan PMN 2015

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 11 Dec 2015 10:37 WIB
pmn
Kementerian BUMN Tunggu PP untuk Pencairan PMN 2015
Menteri BUMN Rini Soemarno. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyatakan masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan pencairan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) 2015 kepada sejumlah perusahaan BUMN.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan sedang menunggu finalisasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait dengan dana PMN yang baru cair sekitar Rp15,5 triliun.

"Kita sedang finalisasi dengan Kementerian Keuangan. PP-nya sudah selesai semuanya. Kan semua itu PMN harus ada PP-nya," kata Rini, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (10/12/2015) malam.

Menurutnya, pihak Kementerian BUMN telah membicarakan bagaimana alokasi pendanaan yang akan dikeluarkan negara melalui PMN kepada perusahaan BUMN. Saat ini alokasi tersebut sedang diselesaikan oleh Kemenkeu.

"Kami sudah bicarakan pada akhirnya bagaimana yang terbaik karena memang ada alokasi-alokasi pendanaan yang sedang diselesaikan oleh Kemenkeu," ucap dia.

Rini mengungkapkan, selama ini pihaknya sudah melakukan banyak aktivitas untuk pembayaran PMN kepada perusahaan BUMN. Tapi ada opsi yang diusulkan Pemerintah untuk mempercepat pembayaran tersebut, salah satunya dengan semacam Surat Utang Negara (SUN).

Sebagai informasi, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015, Pemerintah bersama DPR menyetujui total PMN (tunai) sebesar Rp39,67 triliun. Namun yang baru dibayarkan hanya Rp15,5 triliun.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA