Pertamina Hemat Rp40 Miliar/Tahun dari Pengoperasian Pabrik Pelumas

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 11 Dec 2015 11:37 WIB
pertamina
Pertamina Hemat Rp40 Miliar/Tahun dari Pengoperasian Pabrik Pelumas
Ilustrasi Gedung Pertamina. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mencatat dengan dioperasikannya pabrik pelumas Production Unit Jakarta (PUJ), di Jampe, Tanjung Priok, dapat menghemat capai Rp40 miliar.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang menjelaskan, pabrik pelumas tersebut telah menggunakan sarana dan fasilitas yang canggih guna memberikan dampak positif pada tingkat akurasi campuran produk pelumas yang tinggi.

"Sehingga nilai efisiensi yang dihasilkan dengan beroperasinya fasilitas ini sebesar lebih dari Rp40 miliar per tahun," ujar Ahmad, saat Peresmian Pabrik Pelumas, di Jampea, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Ahmad mengungkapkan, seluruh sarana fasilitas produksi yang digunakan berteknologi canggih, modern, dan full automation antara lain Automatic Batch Blending, In-Line Blending, Simultaneous Blending, Pigging System, Drum Decanting Unit (DDU), Automatic Piggable Manifold, dan didukung oleh Full Automated Filling Machine.

Sehingga, lanjut Ahmad, kapasitas produksi LOBP Production Unit Jakarta tersebut setara dengan penggantian pelumas untuk lebih dan 67,5 juta mobil. Pabrik ini menghasilkan produk minyak pelumas dalam kemasan botol (Iithos), pail, drum, dan bulk.

Ia menilai, dengan adanya peningkatan kemampuan produksi ini maka Pertamina akan mendapatkan peluang perluasan pasar produk grease ke konsumen, antara lain semen, baja, dan pertambangan.

"Potensi meningkatkan pangsa pasar produk grease menjadi 50 persen dan potensi nilai tambah sebesar Rp20 miliar per tahun," jelas dia.

Lebih dari itu, Ahmad menambahkan, VM Plant Production Unit Jakarta memiliki kapasitas sebanyak 14 juta liter per tahun. Fasilitas ini menghasilkan produk aditif untuk pelumas. Produk ini memiliki sifat wscosny indeks improver untuk keperluan produksi pelumas Pertamina.

Selain itu, masih kata Ahmad, VM Plant ini juga mampu memenuhi kebutuhan aditif sebagai campuran pelumas Pertamina lebih dari tujuh juta liter sehingga mengurangi ketergantungan terhadap aditif impor.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA