Audit Kerugian Negara Kasus Pelindo II Segera Rampung

Renatha Swasty    •    Jumat, 11 Dec 2015 13:34 WIB
pelindo
Audit Kerugian Negara Kasus Pelindo II Segera Rampung
Harry Azhar Azis. Foto: Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Bareskrim Polri sudah mengajukan permintaan audit kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi di Pelindo II kepada Badan Pemeriksa Keuangan. Audit masih dalam proses.   

"Permintaan Bareskrim perhitungan kerugian negara, itu sedang dalam proses," beber Kepala BPK RI Harry Azhar Aziz saat ditemui di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Harry membeberkan, audit dikoordinasikan dengan Bareskrim. BPK, kata Harry, meminta beberapa bukti yang dimiliki penyidik.

"Kira-kira proses kalkulasi 60 persen, kita bersama sama dengan Bareskrim melakukan perhitungan. Kita minta juga Bareskrim menyampaikan bukti bukti," tambah Harry.

Sebelumnya, Bareskrim di bawah komando Komjen Budi Waseso saat menjabat Kepala Bareskrim Polri sempat menggeledah Kantor Pelindo II di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ruang kerja Dirut Pelindo II Richard Joost Lino termasuk salah satu tempat yang digeledah.

Penyidik Bareskrim menilai bahwa harga per unit mobile crane tidak masuk akal. Berdasarkan penelusuran tim penyelidik, diketahui harga satuan mobile crane sesuai spesifikasi barang yang dibeli Pelindo II hanya sekitar Rp2,4 miliar per unit atau Rp24 miliar untuk pembelian 10 unit.

Sedangkan anggaran PT Pelindo II membeli 10 unit mobile crane Rp45,5 miliar.


(KRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA