MEA, Pemerintah Perlu Perhatikan Nelayan Kecil

   •    Jumat, 11 Dec 2015 13:45 WIB
nelayanmea 2015
MEA, Pemerintah Perlu Perhatikan Nelayan Kecil
Nelayan (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah perlu lebih memperhatikan kesiapan nelayan kecil dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku di 2016. Hal ini penting agar para nelayan bisa bersaing di era MEA sehingga nantinya tingkat kesejahteraan bisa terus meningkat.

"Situasi yang dihadapi nelayan kecil (dalam menghadapi MEA) justru lebih memprihatinkan dikarenakan tidak adanya skema perlindungan dan pemberdayaan dari negara," kata Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Abdul Halim, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat (11/12/2015). 

Ia menilai kondisi tersebut mengakibatkan kalangan nelayan kecil dan tradisional tidak akan mendapatkan manfaat apapun dari pemberlakuan MEA mendatang. Hal ini tentu tidak diinginkan mengingat nelayan memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, harus disegerakan pembahasan antara DPR dengan pemerintah terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam, dalam mempercepat pengesahannya.

Cara lainnya, masih kata Abdul, adalah mengalokasikan anggaran kementerian terkait untuk pelaksanaan mandat UU tersebut. "Terapkan mandat UU sesegera mungkin dalam rangka memperkuat nelayan kecil, pembudidaya ikan kecil, dan petambak garam kecil," pungkasnya. 



(ABD)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA