KPK Bantah Kriminalisasi Ahok

Renatha Swasty    •    Jumat, 11 Dec 2015 14:35 WIB
basuki tjahaja purnama
KPK Bantah Kriminalisasi Ahok
Gedung KPK (Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah tudingan Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama yang menyebut dirinya dikriminalisasi. KPK selalu menghormati dan menjunjung tinggi praduga tak bersalah dalam melakukan penyelidikan.
 
"Saya kurang paham maksud beliau (Ahok). Di KPK tidak ada istilah 'kriminalisasi'," kata Plt. Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2015).
 
Indriyanto mengatakan, pihaknya selalu menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). KPK selalu menghindari kriminalisasi. "Kami sangat menghormati HAM dari individu maupun kelembagaan. KPK tidak akan melakukan kriminalisasi," tegas Indriyanto.
 
Salah satu pimpinan KPK dikabarkan tidak menginginkan Ahok menghadiri Hari Antikorupsi Internasional di Bandung. Undangan yang sudah dilayangkan ke Ahok dibatalkan.
 
Ahok mengungkapkan, salah seorang staf KPK menyebut pembatalan tersebut atas perintah pimpinan KPK. "Stafnya tidak mau bilang alasannya apa (pembatalan). Dia hanya bilang ada arahan dari pimpinan (KPK)," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
 
Sejauh ini, ada tiga pimpinan KPK yang menjabat sebagai Plt, yakni Johan Budi, Taufiqurrahman Ruki, dan Indriyanto Seno Adji. Namun, dari ketiga nama tersebut, Ahok membuang kecurigaannya kepada Johan.
 
"Pimpinan ada tiga. Pak Johan Budi bilang mengundang kok. Saya tidak tahu, pimpinan tinggal dua orang," ujar Ahok.
 
Sebelumnya, Ahok sempat diundang sebagai pembicara dalam seminar yang dilaksanakan KPK. Tadinya, Ahok diminta untuk memaparkan usaha DKI mencegah korupsi dan bentuk gratifikasi.
 
Namun, ditengah jalan kehadiran Ahok sebagai pembicara dibatalkan KPK. Ahok sempat menduga pembatalannya sebagai pembicara berhubungan dengan kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA