Bos Kernel Oil Dituntut 4 Tahun Penjara

   •    Senin, 09 Dec 2013 16:08 WIB
Bos Kernel Oil Dituntut 4 Tahun Penjara
MI/MOHAMAD IRFAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia Simon Gunawan Tanjaya dituntut 4 tahun penjara. Simon dituduh menyuap mantan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Rubiandini untuk pemenangan tender konsedat di Senipah periode Juli-agustus 2013.

"Supaya majelis hakim menjatuhkan pidana berupa 4 tahun penjara dikurangi kurungan selama penahanan dan denda Rp200 juta subsider 4 bulan kurungan," ujar jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sugeng Teguh Santoso dalam sidang tindak pidana korupsi, Jakarta, Senin (9/12).

Simon datang menggunakan pakaian hitam-hitam ini dituntut jaksa penuntut umum dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) Ka-1 KUHPidana..

Jaksa menilai, Simon secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dengan Widodo Ratanachaitong menyuap Rudi Rubiandini. Simon diberatkan karena tidak membantu negara dalam upaya pemberantasan korupsi. Sementara, Simon diringankan karena selalu bersikap sopan dalam persidangan dan masih mempunyai tanggungan keluarga.

Simon ditangkap oleh KPK di Apartemen Mediterania, Jakarta Barat setelah KPK menangkap Rudi Rubiandini serta pelatih golfnya Deviardi.

Simon dituduh bersama dengan memberikan uang US$700.000 kepada Deviardi sebagai suap untuk pemenangan tender di SKK Migas.


Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA