IKPI Semarang Pesimistis Target Pencapaian Pajak Terealisasi

   •    Jumat, 11 Dec 2015 16:50 WIB
pajak
IKPI Semarang Pesimistis Target Pencapaian Pajak Terealisasi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Semarang: Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Kota Semarang pesimistis target pencapaian pajak untuk Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I dapat terealisasi.

"Target pajak sebesar Rp28 triliun untuk Jateng I ini terlalu besar sehingga sepertinya sulit direalisasikan," kata Ketua IKPI Kota Semarang Supriyanto, seperti dikutip dari Antara, di Semarang, Jumat (11/12/2015).

Meski demikian, pihaknya tidak memungkiri tingginya target tersebut karena untuk memenuhi pembiayaan negara salah satunya untuk pembangunan infrastruktur. "Kalau tahun depan target dikurangi saya pikir juga tidak mungkin karena bisa berdampak pada tersendatnya pembangunan," jelasnya.

Diakuinya, terkait dengan tahun pembinaan Wajib Pajak (WP) di 2015 yang dicanangkan oleh pemerintah memang cukup mendongkrak perolehan pajak salah satunya untuk wilayah Jateng I yang meliputi Jawa Tengah bagian utara dari barat hingga timur.

"Tetapi tahun pembinaan wajib pajak ini belum berjalan optimal karena ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat dari tahun pembinaan ini," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya kegiatan sosialisasi yang lebih masif dari pegawai pajak kepada masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Rata-rata pengetahuan pajak mereka masih jelek. Mereka takut kalau prosedur yang harus dilalui para WP akan sulit dan memakan banyak waktu," pungkasnya. 


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA