Gubernur Soekarwo Fokus Garap UMKM di Tahun 2016

Amaluddin    •    Jumat, 11 Dec 2015 17:44 WIB
umkm
Gubernur Soekarwo Fokus Garap UMKM di Tahun 2016
Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengunjungi pameran agribisnis. Foto: Ant/Destyan Sujarwoko.

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan fokus menggarap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tahun 2016. Selama ini sektor usaha kecil dan menengah itu menjadi penopang utama mata pencaharian warga Jawa Timur.

Menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Jawa Timur, kontribusi UMKM dalam dalam penyerapan tenaga kerja di Jawa Timur mencapai 94 persen. Sumbangan sektor ini pada produk domestik regional bruto mencapai 54,84 persen.

"Ini sesuai perintah Pak Gubernur, tahun depan (2016) harus fokus dan utamakan UMKM," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur, Fattah Jasin melalui keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (11/12/2015).

Produk domestik regional bruto Jawa Timur saat ini mencapai Rp1.500 triliun. "Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata Jasin.

Untuk tahun depan, Pemprov Jawa Timur telah mengalokasikan dana sebesar Rp1,7 trilun dari APBD 2016 guna menunjang sektor UMKM. Dana tersebut disebar di beberapa SKPD, di antaranya di Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian serta Dinas Peternakan. 

"Dana ini akan bergulir untuk UMKM lewat Bank Jatim dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim," kata Jasin.


(DOR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA