Faktor Inkumben Menangi Pilkada

Amaluddin    •    Jumat, 11 Dec 2015 17:53 WIB
pilkada serentak
Faktor Inkumben Menangi Pilkada
Hasil perolehan suara pilakda Sidoarjo berdasarkan hitung cepat di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 9 Desember 2015. Antara Foto/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Pasangan calon kepala daerah inkumben kemungkinan memenangkan pilkada di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur. Tak mengherankan karena calon inkumben punya modal lebih besar.

Pengamat komunikasi politik Universitas Airlangga Suko Widodo mengatakan perolehan suara yang didapat pasangan inkumben dipengaruhi banyak faktor. Seperti jumlah penduduk (pemilih), karakter masyarakat pemilih, dan lawan yang dihadapi.

"Pasangan inkumben yang menang pilkada karena memiliki hubungan bagus dengan publik. Misalnya sudah lebih dikenal," kata Suko, Jumat (11/12/2015).

Menurut Suko, jika petahana kalah dari lawan tentu sangat memilukan. Petahana kalah kemungkinan karena kinerjanya amat buruk sehingga pemilih melirik calon lain.

"Idealanya petahana yang bertarung lawan calon independen atau lawan bumbung kosong, memperoleh suara mencapai 80 persen," ujar dia.

Sementara, analisa Suko terhadap calon perseorangan paling banyak meraih lima persen suara. Kalau calon perseorangan meraih suara di atas 20 persen, itu sebuah peringatan kepada inkumben agar bekerja lebih baik.

Dia menilai, calon pertahana di Jawa Timur masih banyak yang memanfaatkan birokrasi. Model kampanye masih seperti audisi sehingga belum memberikan tempat kepada pemilih untuk bersuara mengenai calon pemimpin.

Masalah lain adalah semakin maraknya politik uang. Bila penyelenggara pemilu menutup mata atas beberapa pelanggaran selama pemilu, akan kehilangan legitimasi.

"Yang terbukti melanggar baik penyelenggara maupun masyarakat harus dihukum supaya bisa menjadi efek jera," kata dia.

Salah satu calon inkumben di pilkada di daerah Jawa Timur yang meraih suara fantastis adalah pasangan Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana. Berdasarkan hitung cepat beberapa lembaga, calon pemimpin Kota Surabaya itu memperoleh sekitar 80 persen suara.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA