Januari-September, Impor Daging Sapi Turun 23.520 Ton

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 11 Dec 2015 20:27 WIB
kementan adsimpor sapi
Januari-September, Impor Daging Sapi Turun 23.520 Ton
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan kebutuhan daging sapi dalam negeri terus mengalami peningkatan pada 2015 mencapai 640 ribu ton. Sedangkan produktivitas daging sapi dalam negeri mencapai 524 ton.

Meskipun begitu, Menteri Pertanian (Mentan) Andy Amran Sulaiman menegaskan pihaknya tetap tidak akan melakukan impor daging sapi. Menurutnya, daging impor dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat.

"Ada kekurangan ini yang menyebabkan kekurangan ini kita penuhi lewat impor, tapi kita atur itu impor sesuai kebutuhan," ujar Amran, saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/12/2015).

Menurutnya, impor daging sapi periode Januari hingga September 2015 mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 58.677 ton pada 2014 menjadi 35.157 ton di 2015. Ia pun berupaya untuk memaksimalkan produksi dalam negeri.

"Tapi kalau untuk impornya kita coba tekan, kita maksimalkan produksi dalam negeri dengan baik," tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan produktivitas sapi lokal dengan melakukan Inseminasi Buatan (IB) dengan target tiga juta ekor. Kemudian pihaknya juga akan mengimpor sapi indukan dalam meningkatkan produksi.

"Melakukan pencegahan penyembelihan sapi betina dan membangun pulau karantina," jelasnya.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA