Rawan Longsor, Jalur Baru Ciregol Segera Dibuka

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 11 Dec 2015 23:17 WIB
infrastruktur
Rawan Longsor, Jalur Baru Ciregol Segera Dibuka
Jalur Ciregol, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Jalur baru di tanjakan Ciregol, Brebes, Jawa Tengah, yang dibangun dengan memangkas tebing segera dibuka untuk kendaraan umum. Saat ini kondisinya masih gelap karena belum ada penerangan jalan.
 
“Secara umum sudah siap untuk dilewati, tinggal diberi penerangan jalan. Rencana akan dibuka Senin, 21 Desember,” kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes, Johari, saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (11/12/2015).
 
Namun demikian, kata Johari, jalur baru tersebut hanya digunakan untuk arus dari arah Purwokerto menuju Jakarta. Sedangkan arus sebaliknya masih menggunakan jalur lama yang berada di bawahnya.
 
Jalur baru dibangun dengan memangkas tebing sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi tanah amblas atau longsor susulan. Jalur sepanjang 540 meter di lokasi kilometer 115+240 sampai dengan 115+780 itu dilakukan dengan memotong tebing (galian tanah di perbukitan).
 
“Jalur baru lebih tinggi dari jalur normal. Untuk pemotongan tebing sebelumnya sudah berkoordinasi dan mendapat izin dari Perhutani,” kata dia.


(UWA)