Kades Minta IPB Tanggung Jawab Kelola Lingkungan Indekos

Mulvi Muhammad Noor    •    Jumat, 11 Dec 2015 23:25 WIB
hepatitis a
Kades Minta IPB Tanggung Jawab Kelola Lingkungan Indekos
Lingkungan indekos mahasiswa IPB di Desa Babakan, Dramaga, Kabupaten Bogor. Foto: Metrotvnews.com/Mulvi Mohammad Noor

Metrotvnews.com, Bogor: Kepala Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Syaehu Syam, meminta Institut Pertanian Bogor ikut bertanggung jawab mengelola lingkungan Babakan Raya (Bara) yang menjadi wajah atau muka IPB. Terlebih, banyak mahasiswa IPB yang tinggal di daerah tersebut.

Desa Babakan berbatasan langsung dengan kampus IPB Dramaga. Lantaran dekat dengan kampus, desa ini menjadi lokasi pilihan mahasiswa untuk indekos.

"IPB harus tanggung jawab atas kondisi dan keberadaan di sini (Desa Babakan). Walau bagaimana pun kita harus take and give, kami menerima mahasiswanya di sini. Di sisi lain kami berharap ada perhatian lebih dari IPB," ujar Syaehu Syam saat ditemui di kantornya, Jumat (11/12/2015).

Permintaan tanggung jawab atas tata kelola lingkungan ini, tambah Syaehu, tidak berlebihan. Sebanyak 40 persen dari total mahasiswa IPB tinggal di sekitar Bara. "Mahasiswa IPB yang ngekos di sini ada banyak, ribuan," kata dia.

Belum lagi terkait para pedagang kaki lima. Menurut Syaehu, di Bara terdapat sekitar 150 pedagang. Sebanyak 75 di antaranya merupakan binaan IPB.

Pemerintah Desa Babakan sudah beberapa kali menerima ajakan IPB untuk menata PKL. Hanya saja, hingga saat ini ajakan tersebut belum pernah terealisasi. "IPB sendiri yang menawarkan penataannya seperti ini. Mereka punya gambarnya (desain), tapi tidak pernah terealisasi," tuturnya.

Syaehu menjelaskan, sejak IPB Dramaga difungsikan, perkembangan penduduk di desanya  juga ikut berkembang. Tak heran Desa Babakan menjadi padat dan kumuh.

Desa babakan memiliki populasi penduduk lebih dari 22 ribu orang. Di desa ini terdapat sekitar 500 indekos yang sebagian besar diisi mahasiswa IPB. "Kami juga ada keterbatasan untuk mengelola wilayah. Kami ingin ada partisipasi. Jangan sampai untuk gotong royong saja sulit. Desa kami cuma kebagian bau dan limbahnya," kata dia.


(UWA)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

9 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA