Riza Chalid Polisikan Pemalsu Akun Twitter

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 11 Dec 2015 23:42 WIB
pencatut nama presiden
 Riza Chalid Polisikan Pemalsu Akun Twitter
Pengusaha M Riza Chalid Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha Mohammad Riza Chalid melaporkan kasus pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya. Dia merasa dirugikan dengan adanya akun Twitter @Riza_Chalid.

Riza melaporkan kasus ini melalui pengacaranya, Samsuddin. Dia menuturkan pelaku telah membuat akun twitter seolah-olah sebagai M. Riza Chalid seperti cuitan pada 18 November 2015 yang menegaskan jika akun tersebut benar.

"Padahal pernyataan itu mengadung kebohongan, penghinaan dan pencemaran nama baik. Hal ini terbukti melanggar pasal 35 UU ITE yang mengandung unsur penistaan, penghinaan dan pencemaran nama baik seperti pasal 310 dan 311 KUHP," kata Samsuddin dalam keterangannya, Jumat (11/12/2015).

Menurut dia, pelaku telah mengaku sebagai M. Riza Chalid dan melontarkan pernyataan yang tidak mendasar hingga mengakibatkan kliennya tercemar. Terlebih, kata dia, penyataan dalam akun itu telah menjadi konsumsi media.

Perbuatan terlapor, lanjut dia, juga penuhi unsur pasal 310 ayat (1) dan ayat (2) KUHP dan persoalan fitnah yang diatur dalam pasal 311 KUHP."Ini sesuai rumusan pasal 310  ayat (1) yang mengandung unsur dengan sengaja, menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan maksud supaya diketahui oleh umum," jelas Samsuddin.

Samsuddin menegaskan, Riza sama sekali tidak pernah miliki akun media sosial apapun. "Dan tidak pernah bersentuhan dengan hal semacam itu," tekan pengacara dari kantor Alfonso & Patners itu.

Laporan Riza pun masuk ke polisi dengan nomor TBL/5018/XI/2015/PMJ/Dit.Reskrimsusu. Pelaku, kata Samsuddin, dikabarkan telah diketahui Kepolisian dan segera dilakukan upaya hukum terhadapnya.


(ALB)