Banding Ditolak CAS, Platini Terancam Tidak Bisa Ikut Pemilihan Presiden FIFA

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 12 Dec 2015 00:36 WIB
fifa
Banding Ditolak CAS, Platini Terancam Tidak Bisa Ikut Pemilihan Presiden FIFA
Michel Platini (Foto: AFP / FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Zurich: Upaya Presiden UEFA Michel Platini untuk bebas dari sanksi terkait tuduhan terlibat dalam skandal korupsi FIFA berakhir sia-sia. Banding yang diajukannya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) justru mendapat penolakan.

Legenda hidup Juventus dan Timnas Prancis itu diketahui tengah menjalani sanksi skorsing selama 90 hari lantaran dituding telah menerima uang haram atau yang disebut dengan "disloyal payment' dari Presiden FIFA, Sepp Blatter pada 2011. Sanksi tersebut dijatuhkan oleh Komite Etik FIFA.

Platini membantah tudingan itu dan menjelaskan bahwa uang yang diterimanya dari Blatter merupakan bayaran atas pekerjaannya saat membantu kinerja Blatter. Dia bahkan menegaskan bahwa masalah bayaran tersebut masuk dalam agenda rapat FIFA. Semuanya tertera di atas kontrak.

Tidak puas dengan hukuman tersebut, Platini lalu mengajukan banding ke CAS. Akan tetapi, perjuangannya sia-sia. Setelah melakukan sidang dengar pada 8 Desember lalu, CAS mengumumkan bahwa Platini tetap harus menjalani sanksi skorsing atau larangan aktif di berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari.

"Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) telah menerima permintaan Michel Platini untuk menunda sanksi skorsing 90 hari-nya sehingga ia bisa melanjutkan pekerjaannya di bidang sepak bola. Namun, panel CAS memutuskan untuk melanjutkan suspensi yang telah diterimanya," demikian pengumuman CAS.

Meski menolak banding Platini, CAS menegaskan tidak akan memperpanjang masa skorsing untuk Platini. Sebelumnya, beredar kabar bahwa sanksi skorsing Platini berpotensi ditambah 45 hari.

Dengan keputusan ini, Platini terancam tidak bisa ikut dalam pemilihan Presiden FIFA yang akan digelar pada 26 Februari 2016. Pasalnya, sanski skorsing 90 hari yang kini harus dijalaninya itu baru akan berakhir pada 5 Januari 2016. (Football-Italia)


(ACF)