UEFA Pertimbangkan Terapkan Teknologi Garis Gawang

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 12 Dec 2015 05:41 WIB
liga champions
UEFA Pertimbangkan Terapkan Teknologi Garis Gawang
s.yimg.com

Metrotvnews.com, Nyon: Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akhirnya membuka diri soal penerapan teknologi garis gawang. Mereka dikabarkan mulai berpikir untuk mengaplikasikan teknologi tersebut pada dua kompetisi paling elite mereka, yakni Liga Champions dan Liga Europa.

Teknologi garis gawang merupakan sebuah terobosan brilian yang ditujukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan wasit dalam mengambil keputusan soal gol. Kompetisi Liga Primer Inggris, Bundesliga Jerman, Serie-A Italia, dan Ligue 1 Prancis sudah menerapkan teknologi tersebut dan sejauh ini kontroversi soal adanya 'gol hantu' bisa ditekan.

UEFA melalui Presidennya, Michel Platini sempat menolak diterapkannya ide ini di kompetisi mereka. Platini justru memilih menggunakan wasit kelima yang bertugas di tepi garis gawang untuk membantu wasit utama menyelesaikan masalah gol hantu.

Namun, kini Platini kabarnya mulai melunak. Sekretaris jenderal UEFA, Gianni Infantino mengatakan bahwa Platini -saat ini tengah menjalani sanksi skorsing 90 hari- membuka peluang untuk diterapkannya teknologi garis gawang di ajang UEFA.

Anggota Komite Eksekutif UEFA juga mayoritas menyambut baik ide ini. Selanjutnya, keputusan final akan dibuat UEFA pada Januari mendatang. 

"Teknologi ini (garis gawang) sudah beberapa kali dibicarakan, bahkan Platini yang membawa isu ini langsung dalam sebuah diskusi," ujar Infantino.

"Kami akan mengambil keputusan soal teknologi garis gawang pada pertemuan berikutnya, Januari nanti. Sejauh ini, sambutannya cukup positif," tandasnya.

Teknologi garis gawang mulai marak diperbincangkan usai Piala Dunia 2010 di mana kala itu wasit tidak mengesahkan gol Frank Lampard ke gawang Manuel Nueuer saat Inggris berhadapan dengan Jerman di babak 16 besar. Inggris akhirnya tersingkir usai kalah 1-4. (Goal)


(ACF)