Sepasang Kekasih WNA Asal Amerika Serikat dan Inggris Ditahan Imigrasi Mataram

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 12 Dec 2015 09:05 WIB
penipuan
 Sepasang Kekasih WNA Asal Amerika Serikat dan Inggris Ditahan Imigrasi Mataram
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Mataram: Sebanyak dua warga negara asing berkebangsaan Amerika Serikat Andrew Wayne Hill dan Jennifer Ann dari Inggris diamankan Petugas Imigrasi Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dua WNA itu diduga melakukan tindakan ilegal selama berada di Indonesia.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Imigrasi Kelas I Mataram Agung Wibowo, mengungkapkan, kedua WNA tersebut merupakan sepasang kekasih yang datang ke Indonesia menggunakan visa kunjungan, namun disalahgunakan untuk melakukan kegiatan investasi. Selama di Indonesia, sepasang kekasih itu malah membangun sebuah guest house di kawasan wisata Pantai Mawun Desa Tumpak, Lombok Tengah.

"Di dalam dokumen, keduanya datang ke Indonesia menggunakan visa kunjungan selama 30 hari. Tetapi disalahgunakan untuk berinvestasi," kata Agung seperti dilansir Antara, Jumat (11/12/2015).

Dari penjelasan keduanya, kata Agung, mereka membeli lahan di kawasan wisata pantai Mawun seluas 40 hektare melalui perantara warga lokal dengan membentuk sebuah perusahaan. Namun di sisi lain, dokumen yang mereka gunakan masuk ke Indonesia bukan kitas yang pada umumnya digunakan untuk bekerja atau berinvestasi, melainkan visa kunjungan.

"Mereka ini datang bukan sebatas kunjungan biasa, tetapi juga melakukan kegiatan investasi," ujarnya.

Kedua WNA tersebut diketahui mondar-mandir ke Indonesia, sudah dua tahun terakhir, khususnya Lombok. Selama berada di Pulau Lombok, keduanya tinggal di sebuah kontrakan di kawasan wisata Pantai Kuta, Kabupaten Lombok Tengah.

"Selama tinggal di Lombok, mereka berdua banyak dibantu sponsor atau konsultan," ungkap dia.

Menurut dia, atas tindakan tersebut, kedua WNA telah menyalahi izin tinggal sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Karena itu kedua WNA harus dideportasi ke negara asalnya masing-masing. Bahkan tidak hanya itu, keduanya masuk daftar tangkal.

"Secepatnya akan kita deportasi, begitu berkasnya sudah lengkap," tandas dia.


(ALB)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA