Karantina Sapi Siap Potong Cukup Dilakukan di Daerah Asal

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 12 Dec 2015 10:16 WIB
kementan adsimpor sapi
Karantina Sapi Siap Potong Cukup Dilakukan di Daerah Asal
Ilustrasi. (FOTO: Antara/SIGID KURNIAWAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina menegaskan sapi siap potong yang akan dikirimkan ke Jakarta dari daerah sentra produksi hanya akan melalui satu kali proses masa karantina.

"Pelaksanaan karantina dilakuakan sekali di tempat asalnya, sehingga di tempat tujuan tidak perlu lagi karena ini sapi yang sudah siap dipotong kecuali kalau mau disebarkan ke petani," ujar Kepala Badan Karantina Banun Harpini saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 11 Desember.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan analisis risiko di tempat asal sapi siap potong yang akan dikirimkan dengan pihak Badan Karantina di DKI Jakarta. Sehingga sapi tersebut dapat terjamin kesehatannya.

Lanjut Banun, penampungan sapi atau yang biasanya dikenal dwelling time di Tanjung Priok mengalami penurunan menjadi 0,8 hari dari sebelumnya tiga hari. Banun mengatakan ini merupakan salah satu dampak proses masa karantina yang hanya cukup dilakukan sekali saja.

"Sebab, semakin lama ditahan sapi, semakin menurunkan berat badan," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, pihak Badan Karantina saat ini sudah menerapkan metode tes cepat untuk mengambil sampel. Sehingga pengambilan sampel yang tadinya memakan waktu hingga tujuh hari, sekarang maksimum menjadi dua hari.


(AHL)