Pertumbuhan RI Diklaim Lebih Baik dari Tiongkok & India

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 12 Dec 2015 10:35 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan RI Diklaim Lebih Baik dari Tiongkok & India
Ilustrasi. (FOTO: REUTERS/Beawiharta)

Metrotvnews.com, Kuningan: Pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang mencapai 6,9 persen dianggap belum mampu menjadi penggerak ekonomi dunia. Hal ini terlihat dari ketergantungan ekonomi dunia terhadap pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS).

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo menduga, pertumbuhan ekonomi Tiongkok hingga 6,9 persen disebabkan oleh beberapa masalah, di antranya adalah masalah hidden debt serta gelembung yang terjadi di pasar properti dan pasar modalnya.

"Masa Tiongkok enggak menggerakkan ekonomi dunia malah digerakan oleh satu mesin yaitu AS yang pertumbuhannya hanya dua persen. Jadi sebenarnya Tiongkok pertumbuhannya tumbuh lebih kecil," ujar Harinowo di Grage Sangkan Hotel, Jalan Sangkanhurip, Kuningan, Jumat (11/12/2015) malam.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi India yang mencapai tujuh persen juga dianggap tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. Sehingga, kata Harinowo, India tidak menunjukan kenyataan yang sesuai dengan pertumbuhan mereka.

"India juga begitu tapi kenyataan yang ada enggak menunjukan yang demikian. Mungkin mereka lebih tinggi karena metode statistik yang digunakan juga berubah. Selain itu India yang melalukan early recovery jadi pertumbuhannya hanya sekira di bawah empat persen," jelas dia.

Oleh sebab itu, dirinya mengatakan jika Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mampu meningkat hingga 3,4 kali lipat selama satu dekade dari 2004 hingga 2013. Mulai dari USD257 miliar menjadi sebesar USD870 miliar.

"Dalam keadaan seperti sekarang ini yang kita merasa krisis, pertumbuhan kita hanya sedikit di bawah dari Filipina yang punya tingkat konsumsi tinggi dari tenaga kerja mereka yang di luar negeri," pungkasnya.


(AHL)

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

1 hour Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Hingga kini,…

BERITA LAINNYA