TKW Cirebon 6 Tahun Tanpa Kabar di Yordania

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 12 Dec 2015 11:42 WIB
tki bermasalah
TKW Cirebon 6 Tahun Tanpa Kabar di Yordania
Arma memperlihatkan foto putrinya, Sriwati. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Wajah Arma, 61, warga Blok Sidingklik RT 026/009, Desa Buyut, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tampak kuyu. Sudah sejak 2009, Sriwati, 27, anak gadisnya hilang tanpa jejak setelah keberangkatan pertama kali ke Yordania. Dia diduga menjadi korban perekrutan tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal.

"Jangankan pulang kampung, berbicara lewat sambungan telepon pun belum pernah," kata Arma, Sabtu (12/12/2015). Dia semakin khawatir karena Sriwati buta huruf.

Arma mengisahkan anak keenam dari tujuh bersaudara itu berangkat ke Yordania saat usia masih 20 tahun. Namun, sejak itu tak satu pun kabar diterima Arma dan keluarganya. Kiriman uang dari hasil kerja Sriwati di Yordania juga tak ada.

"Saat berangkat, usianya baru 20 tahun. Tapi oleh pihak sponsor (yang memberangkatkan Sriwati ke luar negeri) dikatrol menjadi 22 tahun," kata dia.

Sponsor yang dimaksud, sebagaimana penuturan Arma, mengaku bernama Thomas, yang berasal dari desa tetangga, Desa Wanakaya, Kecamatan Gunungjati. Dialah yang mengurus keperluan Sriwati sebelum berangkat ke Yordania, termasuk mengiming-imingi gaji selama bekerja ke luar negeri.

"Katanya Sriwati bisa menerima gaji Rp1,5 juta," ujar Arma dengan selipan bahasa Cirebonnya yang kental.

Kehilangan Sriwati membuat Arma mendatangi pihak sponsor. Pihak sponsor memberi nomor telepon majikan Sriwati di Yordania. Namun, setiap kali nomor itu dihubungi, tak pernah ada respon. Arma dan keluarga hingga kini gagal mengetahui kabar Sriwati.
 


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA