Pertumbuhan Ekonomi Tinggi Dorong Pemberian Kredit Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 12 Dec 2015 11:57 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Tinggi Dorong Pemberian Kredit Perbankan
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Kuningan: PT Bank Central Asia Tbk memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 akan mencapai 5,3 persen. Pertumbuhan tersebut tentunya akan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi pada tahun ini yang diperkirakan hanya sebesar 4,9 persen.

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik akan memberikan dorongan pada pertumbuhan kredit yang lebih tinggi. Meskipun, pemberian kredit juga masih dipengaruhi beberapa faktor lain selain pertumbuhan ekonomi nasional.

"Optimisme pertumbuhan tahun depan ini kita perbankan tangkap melalui pemberian pinjaman kredit. Kalau kredit itu tergantung dua hal yaitu permintaan sama kesediaan dana kita," ujarnya di Grage Sangkan Hotel, Jalan Sangkanhurip, Kuningan, Jumat (11/12/2015) malam.

Dirinya mencontohkan, pemberian kredot perbankan pada tahun ini sempat mengalami perlambatan di awal tahun. Namun, ketika proyek infrastruktur pemerintah mulai dijalankan, pertumbuhan kredit juga mulai bergerak naik.

"Pembangunan infrastruktur di awal pemerintah yang lambat karena ada transisi politik. Itu membuat permintaan kredit juga sedikit menurun di semester I tapi untuk semester II mulai meningkat," jelas dia.

Selain itu, masih kata Harinowo, rasio kredit terhadap simpanan atau loan to deposit ratio (LDR) sudah mulai menunjukkan peningkatan. Hal tersebut menunjukan adanya pengembangan dana melalui kredit menjadi lebih tinggi.

"Tapi kita lihat, LDR BCA biasanya di bwh 75 persen sekarang ini sudah ada di sekira 78 petsen. Artinya pengembangan dana kita melalui pemberian kreditnya jadi lebih tinggi," pungkas Harinowo.


(AHL)