Warga Spanyol Tewas dalam Serangan Taliban di Kompleks Kedutaan

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Dec 2015 12:29 WIB
afghanistan
Warga Spanyol Tewas dalam Serangan Taliban di Kompleks Kedutaan
Pasukan Afghanistan di lokasi kejadian (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kabul: Seorang warga Spanyol dilaporkan tewas dalam serangan di kompleks kedutaan besar asing di Kabul, Afghanistan. Sebelumnya pihak berwenang menyebutkan empat orang tewas dalam kejadian ini.

Serangan terbaru yang dilakukan oleh Taliban ini diarahkan langsung ke sasaran elit di Kabul. Ledakan dan suara tembakan terdengar di penjuru kompleks kedutaan tersebut.

"Pasukan khusus Afghanistan menewaskan empat orang pelaku penyerangan di Kabul," ujar Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Sediq Sediqqi, seperti dikutip AFP, Sabtu (12/12/2015).

"Sayangnya, empat polisi kami juga tewas dalam serangan itu," lanjutnya.

Sementara Pemerintah Spanyol mengkonfirmasi bahwa ada anggota polisi Negeri Matador turut tewas dalam kejadian ini.

Kedutaan Besar Spanyol di Kabul melaporkan menjadi target dari serangan, tetapi Perdana Menteri Mariano Rajoy mengklarifikasi hal tersebut karena serangan terjadi bukan di wilayah Kedutaan Spanyol.

"Ini serangan yang diarahkan ke tempat penginapan yang berada di dekat kedutaan," tutur Rajoy.

"Tetapi satu anggota polisi Spanyol tewas dalam kejadian ini. Sementara seluruh staf kedutaan sudah dievakuasi dan pasukan khusus Afghanistan telah mengamankan kedutaan," imbuh Rajoy.

Serangan ini terjadi wilayah Shirpour, yang dikenal sebagai lingkungan diplomatik di Kabul. Beberapa kedutaan asing berkantor di wilayah itu, termasuk juga organisasi internasional dan komunitas ekspatriat lainnya.


(FJR)