Cara Mengatasi Jerawat dan Bisul di Bagian Bokong

   •    Sabtu, 12 Dec 2015 13:10 WIB
kesehatan
Cara Mengatasi Jerawat dan Bisul di Bagian Bokong
Es batu bisa mengatasi jerawat di bokong. (Foto:Flickr)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jerawat atau bisul di bokong bisa begitu menyakitkan karena mengalamni tekanan terus menerus saat duduk. Masalah jerawat di bokong muncul karena ada banyak bakteri dan kuman yang mengalami kelembapan tiada henti.

Hal itu ditambah dengan adanya gesekan terus menerus sehingga memaksa infeksi memasuki kulit sehingga menyebabkan bisul dan jerawat. Sering-sering berganti pakaian dan memmbersihkan bokong dapat mengurangi risiko masalah ini.

Butuh waktu lama untuk menyingkirkan bisul dan jerawat. Tapi kini, Anda masih dapat mengobatinya secara alami di rumah dengan beberapa cara berikut.

1. Aspirin
Hancurkan empat tablet aspirin untuk membuat bubuk. Campurkan bubuk dengan satu sendk madu dan air hangat. Oleskan campuran pada bokong Anda dan diamkan selama 15 menit sebelum membilas dengan air. Ini dapat membunuh semua infeksi pada kulit bokong yang artinya jerawat akan sembuh.

2. Lemon dan cuka sari apel
Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan setengah cangkir air. Bilas bokong Anda dengan ini dua kali sehari untuk menyingkirkan bisul dan jerawat. 

3. Teh pohon dan minyak kelapa
Oleskan campuran teh pohon dengan minyak kelapa ke area yang terkena jerawat dan bisul. Tunggu hingga 15 menit sebelum membilasnya. Di sisi lain, Anda juga dapat menerapkan campuran minyak itu sebelum tidur. Obat ini kaya anti-bakteri dan anti-jamur. 

4. Es batu
Gosok lembut es batu pada jerawat selama 5 menit. Selain mengurangi nyeri, ini juga efektif redakan peradangan akibat bisul dan jerawat. 

5. Ganti celana dalam secara teratur
Pakaian dapat menjadi tempat idaman para bakteri berkembang biak. Tak heran bisul dan jerawat rentan muncul. Keringat yang terjebak dalam pakaian dalam juga dapat memicu kondisi ini. Oleh karena itu, gantilah celana dalam Anda setiap kali mandi. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)