PDIP, Gerindra, & PKB Klaim Jawara Pilkada di Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 12 Dec 2015 14:13 WIB
pilkada serentak
PDIP, Gerindra, & PKB Klaim Jawara Pilkada di Jatim
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: PDIP, Partai Gerindra, dan PKB mengklaim sebagai jawara di pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Timur.

Berdasarkan hasil hitung cepat, internal PDIP Jatim mengklaim berhasil menjadi jawara di 13 dari 19 daerah yang melaksanakan pilkada di Jatim.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari, mengatakan 13 daerah yang berhasil memenangi pilkada antara lain di Kabupaten Sumenep (A Busro Karim-Achmad Fauzi), Kota Surabaya (Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana), Kabupaten Lamongan (Fadeli-Kartika Hidayati), Kabupaten Tuban (Fathul Huda-Noor Nahar Hussein), Kabupaten Ngawi (Budi Sulistiyono-Ony Anwar), Kabupaten Trenggalek (Emil Elestianto-Muhammad Nur Arifin).

Kemudian di Kabupaten Blitar (Rijanto-Marhaenis), Kota Blitar (Samanhudi Anwar-Santoso), Kabupaten Kediri (Hariyanti Sutrisno-Maskuri), Kabupaten Mojokerto (Mustofa Kamal Pasa-Pungkisiadi), Kota Pasuruan (Setiyono-Raharto Teno Prasetyo), Kabupaten Jember (dr Faida-Muqid Arif), dan Kabupaten Banyuwangi (Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widiatmoko).

"PDIP juga masih berpeluang menang di tiga daerah, yakni di Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pacitan karena selisihnya tipis dan masih kejar-kejaran," ujar Sri Untari, saat dihubung Metrotvnews.com, Sabtu (12/12/2015).

Sementara untuk Pilkada di Kabupaten Situbondo,  Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Sidoarjo, lanjut Untari, pasangan calon yang diusung PDIP justru mengalami kekalahan. "Dari awal, peluang calon yang diusung PDIP di tiga daerah tersebut memang cukup berat karena lawan yang dihadapi terlalu kuat," ujar anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

PKB juga mengklaim meraih kemenangan di 12 daerah di Jatim. Namun, Sekretaris DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq, enggan menyebutkan satu per satu pilkada yang mereka menangi. "Kami optimis menang di 12 daerah," kata ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Salah satu pengurus DPD Partai Gerindra Jatim, Tjutjuk Sunario, yang juga merangkap Wakil Ketua DPRD Jatim, mengklaim partainya sementara berhasil memenangi pilkada di 12 daerah di Jatim. Di antaranya, di Lamongan, Tuban, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Banyuwangi, dan sejumlah daerah lain. "Ini kemenangan bersama karena Partai Gerindra tidak mengusung sendirian," kata dia.


(UWA)