Kegagalan MU Lolos ke Knock-out Tidak Mengejutkan

Hilman Haris    •    Sabtu, 12 Dec 2015 13:16 WIB
manchester united 2015--2016
Kegagalan MU Lolos ke <i>Knock-out</i> Tidak Mengejutkan
Para pemain MU tertunduk lesu usai dikalahkan Wolfsburg (AP Photo/Michael Sohn)

Metrotvnews.com, Manchester: Pil pahit harus ditelan Manchester United pada tengah pekan ini. Gara-gara kalah dari Wolfsburg dengan skor 2-3 pada matchday 6 Liga Champions 2015--2016, Red Devils dipastikan gagal lolos ke babak knock-out karena hanya bertengger di peringkat ketiga klasemen B di bawah Wolfsburg dan PSV Eindhoven.

Ketidakmampuan Red Devils melaju jauh di Liga Champions musim ini tidak mengejutkan. Setidaknya itu menurut bekas bek MU, Mikael Silvestre. Sejak awal, Silvestre melihat performa MU tidak cukup mumpuni untuk melawan klub-klub kuat di Eropa. Oleh karena itu, ia akhirnya tidak heran saat melihat mantan klubnya itu tersisih lebih awal.

"Bukan sebuah kejutan melihat MU tersisih. Saya sudah memprediksinya sejak awal. Lihat saja cara mereka bermain. MU tidak  tidak menunjukkan diri sebagai tim kuat," tegas Silvestre yang memenangi Liga Champions bersama MU pada 2007--2008.

Performa buruk lini depan dianggap menjadi salah satu biang kegagalan MU melaju ke babak knock-out Liga Champions musim ini. Statistik Wayne Rooney dkk memang tidak impresif. Dari 10 laga terakhir, lini depan MU lima kali gagal mencetak gol sehingga laga harus berakhir dengan skor 0-0. Salah satunya terjadi ketika MU melawan PSV pada matchday 5, Kamis 26 November.

Apes bagi Van Gaal, Rooney justru cedera saat situasi kritis. Alhasil, manajer asal Belanda itu cuma bisa mengandalkan striker muda, Anthony Martial saat melawan Wolfsburg pada laga pamungkas penyisihan grup.

"Anthony Martial tidak bisa menyelesaikan masalah di lini depan MU sendirian. Ia masih muda. Jadi, ia butuh waktu lebih lama untuk berkembang dan menjadi andalan di lini depan MU," kata Silvestre.

MU tetap tampil di kompetisi Eropa walau gagal lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions. Lantaran berada di peringkat ketiga penyisihan grup, Red Devils berhak tampil di Liga Europa musim ini dari babak knock-out. (Goal)


(HIL)