BKPM Bidik Komitmen Investasi Jepang Capai USD13 Miliar

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 12 Dec 2015 15:59 WIB
investasi asing
BKPM Bidik Komitmen Investasi Jepang Capai USD13 Miliar
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan komitmen investasi Jepang mencapai USD13 miliar (sekitar Rp175,5 triliun dengan kurs Rp13.500 per USD) pada 2016.

Menurut Kepala BKPM Franky Sibarani, nilai komitmen investasi tersebut ditunjukkan melalui jumlah izin prinsip yang diperoleh oleh perusahaan Jepang yang menanamkan modalnya ke Indonesia.

Dia menyampaikan target pencapaian izin prinsip ini di hadapan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, Wakil Dubes Ben Perkasa Drajat serta jajaran diplomat dan atase di lingkungan KBRI Tokyo, Jumat kemarin.

Franky membeberkan beberapa perbaikan iklim investasi maupun peluang dan potensi investasi yang menjadi prioritas pemerintah untuk ditawarkan.

"Karakteristik investor Jepang yang khas membutuhkan kerja sama seluruh pihak, baik pemerintah pusat dan daerah. Kami berharap BKPM dan KBRI Tokyo dapat terus meningkatkan kerjasamanya untuk menarik sebanyak-banyaknya investor Jepang masuk ke Indonesia," ujar dia dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Menurut Franky, Jepang merupakan negara asal investasi terbesar kedua di Indonesia setelah Singapura, dengan total nilai investasi mencapai USD14,6 miliar dan berkontribusi sebesar 10,5 persen dari total seluruh nilai investasi yang masuk dalam periode 2010 hingga kuartal III-2015.

"Sektor investasi terbesar yang berasal dari Jepang berturut-turut adalah industri transportasi; industri logam, permesinan dan elektronik; industri kimia dan farmasi; perumahan, kawasan industri dan perkantoran; serta industri makanan," jelasnya.

Sementara dari sisi distribusi, lokasi investasi 95 persen investasi yang berasal dari Jepang masih terfokus di pulau Jawa, dan sisanya tersebar di daerah lainnya di Indonesia.

Saat kunjungan kerja ke Jepang, Franky juga menyampaikan perkembangan iklim investasi di Indonesia terutama terkait dengan layanan izin investasi tiga jam kepada 183 investor Jepang yang menghadiri kegiatan Seminar on Investing in Indonesia's Industrial Sectors: opportunities for Japanese SMEs.

Berdasarkan data BKPM periode 22 Oktober 2014 hingga 4 Desember 2015 tercatat minat investasi Jepang tercatat USD11,4 miliar (setara dengan Rp153,9 triliun dengan kurs Rp13.500) dan komitmen investasi ditandai dengan perusahaan Jepang yang telah mendapatkan izin prinsip mencapai USD5,7 miliar (Rp76,9 triliun).


(AHL)