Hadir dalam Jumpa Pers Luhut, Independensi MKD Dipertanyakan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 12 Dec 2015 16:42 WIB
pencatut nama presiden
Hadir dalam Jumpa Pers Luhut, Independensi MKD Dipertanyakan
Menko Luhut dan 3 Anggota MKD----Ant/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran tiga anggota Mahkamah Kehormatan Dewan dalam jumpa pers Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Luhut Binsar Pandjaitan dinilai telah mencoreng indepedensi dan citra MKD. Sebab, Luhut merupakan salah satu saksi yang akan dimintakan keterangannya dalam kasus 'Papa Minta Saham'.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mengatakan Luhut yang namanya disebut sebanyak 66 kali dalam rekaman 'Papa Minta Saham' seharusnya jangan membawa MKD dalam jumpa persnya terkait Freeport. Supaya MKD dapat bersikap independen dalam mengambil keputusan di sidang kasus dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden ini.

"Karena itu orang sekelas Luhut Binsar Pandjaitan seharusnya turut menyadari dan wajib menjaga dan menghormati Independensi atau Netralitas MKD," kata Petrus dalam keterangannya, Sabtu (12/12/2015).

Tiga anggota MKD yang hadir dalam jumpa pers adalah Wakil Ketua MKD Fraksi Golkar Kahar Muzakir, anggota MKD Fraksi Golkar Adies Kadir dan Ridwan Bae. Ia pun khawatir kehadiran anggota akan membuat keputusan MKD dalam kasus ini jauh dari harapan publik.

Karena itu, Petrus meminta pimpinan DPR dan MKD segera mengganti ketiganya. Sehingga, independensi MKD dapat terjaga dalam menangani kasus yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto ini.

"Jadwal pemeriksaan terhadap Luhut Binsar Pandjaitan harus ditunda hingga kocok ulang anggota MKD, karena pertemuan antara pemeriksa dengan yang akan diperiksa menjelang sidang, di luar agenda resmi MKD, telah merusak tata beracara, mengganggu independensi MKD dan merusak kredibilitas MKD," tandas dia.

Kemarin, Kahar, Ridwan dan Adies nongol dalam jumpa pers yang digelar di Kantor kemenko Polhukam. Ridwan mengaku kehadirannya di jumpa pers atas undangan Luhut. Menurut dia, seluruh pimpinan MKD diundang, namun tidak dapat hadir lantaran memiliki agenda lain.

Luhut akan dimintai keterangan oleh MKD pada Senin 14 Desember. Keputusan itu keluar setelah rapat internal MKD, Jumat 11 Desmber. Selain Luhut, di hari yang sama MKD juga memanggil taipan minyak Riza Chalid.


(TII)