21 Tewas dalam Serangan Terkoordinasi di Burundi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Dec 2015 16:54 WIB
burundi
21 Tewas dalam Serangan Terkoordinasi di Burundi
Militer Burundi patroli di ibu kota (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bujumbura: Insiden kekerasan terjadi di Bujumbura, Burundi. 21 orang dilaporkan tewas dalam sebuah serangan terkoordinasi.

Saksi mata mengatakan kepada Associated Press, ada 21 mayat dengan luka tembak di bagian kepalanya. Kejadian ini berlangsung pada Jumat 11 Desember di Desa Nyakabiga.

"Beberapa dari korban tewas tampak tangannya terikat ke belakang," ujar saksi mata yang enggan disebut namanya, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (12/12/2015).

Tidak diketahui siapa pelaku pembunuhan ini. Pihak militer menyebutkan bahwa Nyakabiga bukanlah wilayah di mana terjadi serangan terhadap instalasi militernya pada Jumat kemarin.

Serangkaian insiden terjadi di Burundi sejak 11 Desember terkait upaya kudeta gagal terhadap kekuasaan Preisden Pierre Nkurunziza, yang kembali menjabat untuk ketiga kalinya. Rakyat Burundi menolak Nkurunziza karena dianggap telah melanggar undang-undang.

Juru Bicara militer Burundi Kolonel Gaspard Baratuza mengatakan bahwa tiga prajuritnya tewas dalam serangan oleh pihak tidak dikenal di Ngagara pada Jumat. Kemudian militer memburu pelaku dan menewaskan 12 dari mereka dan menangkap 20 orang lainnya.

Setidaknya 240 orang dilaporkan tewas sejak April dan 215 ribu lainnya menyelamatkan diri ke negara tetangga. Ratusan orang juga dipenjara karena menolak kekuasaan Nkurunziza tahun ini.
 
(FJR)

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

1 hour Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Hingga kini,…

BERITA LAINNYA