Kuis Kebangsaan

   •    Selasa, 10 Dec 2013 19:54 WIB
Kuis Kebangsaan
https://www.facebook.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuis Kebangsaan yang disponsori pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Wiranto-Hary Tanoesoedibjo di salah televisi swasta ramai diperbincangkan di dunia maya. Kuis itu disebut sudah diatur sedemikian rupa atau disetting dari awal.

Kritikan terhadap Kuis Kebangsaan dipicu munculnya sebuah video di situs YouTube. Dalam video ditunjukkan seorang peserta meneriakkan jawaban "Istana Maimun" terhadap pertanyaan yang belum diajukan. Jawaban yang terkesan ngawur itu ternyata sesuai dengan pertanyaan yang dibacakan beberapa saat kemudian. Kecurigaan pun muncul.

Acara kuis itu tayang secara live pada hari Sabtu (7/12) pukul 10.00 WIB. Dua hari setelahnya, rekaman video kuis muncul di YouTube oleh akun Kuis Kebangsaan dengan judul provokatif, "Kuis Kebangsaan Terbukti Settingan!!!"

Keesokan harinya, lini massa heboh. Para pengguna YouTube, Twitter dan Kaskus mengkritik habis-habisan keberadaan kuis yang dianggap rekayasa. Tak lama kemudian, konten video di-block YouTube dengan alasan hak cipta. Menanggapi hal ini, Ketua DPP Hanura Wiranto menyebut sepanjang isinya positif, seharusnya publik bisa menerima.

Kuis Kebangsaaan disebut bertujuan menguji wawasan dan pengetahuan warga mengenai seluk beluk Indonesia. Setiap peserta diminta memekikkan kata kunci "Bersih, Peduli, Tegas". Password ini merupakan salah satu jargon yang diusung WIN-HT. Setiap peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar mendapat berbagai hadiah, seperti alat elektronik dan lainnya.


Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA