Salah Padamkan Api, Bandara di Tiongkok Ditutup 90 Menit

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Dec 2015 17:50 WIB
peristiwa unik
Salah Padamkan Api, Bandara di Tiongkok Ditutup 90 Menit
Pesawat Fuzhou Airlines yang tertutup busa pemadam (Foto: Weibo)

Metrotvnews.com, Fujian: Kekacauan terjadi di sebuah bandara Tiongkok. Akibat kesalahan memadamkan api, jadwal penerbangan pun tertunda.

Bandara Fuzhou Changle harus ditutup akibat kesalahan memalukan dari pihak pemadam kebakaran pada 10 Desember. Insiden melibatkan pesawat milik Air China yang menunggu untuk lepas landas.

Seorang pilot yang berada di dekat pesawat milik Fuzhou Airlines, melihat adanya percikan api dari pesawat Air China. Api yang terlihat dari mesin sebelah kanan itu, kemudian dilaporkan kepada menara pengawas lalu lintas bandara.

Bereaksi cepat, pihak petugas menara mengirimkan petugas pemadam kebakaran. Delapan mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan. Demikian diberitakan The Straits Times, Sabtu (12/12/2015).

Namun ketika berada di lokasi kejadian, kesalahan fatal berlangsung. Pihak pemadam kebakaran salah memadamkan asal percikan api.

Mereka justru mengabaikan pesawat Air China,-yang sudah mematikan mesinnya- dan justru menyemprotkan busa pemadam ke pesawat milik Fuzhou Airlines yang tidak mengalami gangguan sama sekali.

Akibat insiden ini bandara pun akhirnya ditutup selama 90 menit. Beberapa penerbangan pun pada akhirnya mengalami penundaan.

Sementara pesawat milik Fuzhou Airlines harus menjalani pemeriksaan menyeluruh, sedangkan para penumpangnya harus turun dari pesawat dan dipindahkan ke hotel untuk menginap selama semalam.

Pihak Air China sendiri mengatakan percikan api yang datang dari mesin pesawatnya dianggap normal. Mereka pun menganggap tidak ada risiko yang dialami oleh pesawat.
 


(FJR)