Kondisi Ekonomi Ditaksir Membaik, Ini Saham Pilihan di 2016

   •    Sabtu, 12 Dec 2015 18:12 WIB
ihsg
Kondisi Ekonomi Ditaksir Membaik, Ini Saham Pilihan di 2016
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa ekonom memperkirakan tahun depan kondisi ekonomi akan lebih baik dibanding tahun ini. Perbaikan kondisi ekonomi tentunya akan menjadi penggerak bagi pasar saham.

Kondisi perekonomian Indonesia ke depannya akan positif dipicu rendahnya inflasi dan neraca pembayaran yang membaik, dengan proyek infrastruktur pemerintah masih menjadi penggerak. Demikian halnya dengan berinvestasi saham.

Oleh karena itu, ada beberapa sektor yang menjadi pilihan pada semester I-2016 yakni aneka industri, semen, barang konsumsi, sektor perdagangan dan investasi, serta sektor properti. Beberapa sektor ini juga diperkirakan akan naik terbatas, tergantung dari stimulus pemerintah yaitu kepemilikan asing dan juga tax amnesty.

"Untuk akhir tahun ini mungkin akan ada konservatif, mengingat beberapa hari lalu ada pelemahan di IHSG. Jadi tahun ini diprediski IHSG akan berakhir disekitar 4.600-4.700," tutur Analis Phillip Securities Indonesia, Gunawan Sutanto, di Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Menurut dia, tahun ini tidak banyak lagi optimisme IHSG untuk naik. Namun di 2016 ada optimisme yaitu dari belanja pemerintah di infrastruktur yang menjadi acuan investor di tahun depan.

"Untuk tahun depan prediksi IHSG akan bekisar di level 5.300. Sebagian besar investor belum melihat realisisasi belanja pemerintah, dan harapan sebelumnya terlalu tinggi jadi banyak kekecewaan pasar," bebernya. (Citra Pratnia Faramitha/Metro TV).


(AHL)